Kegiatan ini berkesan seru dan unik, seru sebab jarang-jarang lomba yang diselenggarakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka adalah lomba berbasis digital. Semoga kedepannya prestasi penegak dapat diselenggarakan lagi, lebih seru, lebih banyak mata lomba.

Alwan Rifa'i

Nganjuk, 4 Desember 2023 - SMA POMOSDA Nganjuk mengikuti kegiatan Prestasi Penegak yang diselenggarakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Nganjuk pada Sabtu, 25 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 15 pangkalan dari wilayah Nganjuk, dengan total peserta 150 orang. setiap pangkalan mengirim 1 regu berjumlah 10 orang.

Keikutsertaan kegiatan ini melalui tahapan seleksi calon peserta setelah mendapatkan disposisi dari kepala sekolah. Pembina berkoordinasi untuk melakukan seleksi. Adapun tahapannya awal dewan Ambalan mengumumkan bahwa akan ada seleksi Prestasi penegak bagi anggota Pramuka yg ingin mengikuti disilahkan mendaftarkan diri kepada pembina. karena peminat banyak maka, perlu mengadakan seleksi untuk memilih satu tim yg akan mewakili lembaga dalam ajang tersebut. Dari hasil seleksi dihasilkan nama sebagai berikut :

  1. Mata lomba E-sport : Hafidz Noor Muzaki, Farel Prayogo, Arrya, Arifin Ilham, Zulham Arsan Eko,
  2. Pramuka bintang putra diwakili Presiden RA, dan putri oleh Bilqis,
  3. Fotografi diwakili Azriel Nasrullah
  4. Videografi diwakili oleh Rasyiq Rabbani
  5. Poster Digital diwakili M. Fatkhi Idzihar.

Setelah terseleksi masing – masing peserta melaksanakan pembinaan sesuai bidang lomba dengan Pembina dan fasilitator yang telah disiapkan.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dimulai dengan registrasi ulang, lalu disambung dengan upacara pembukaan, dalam sambutanya kak Edi Wicaksono selaku Pengurus Kwarcab menyampaikan bahwa prestasi penegak adalah ajang bergengsi di tingkat Pramuka Penegak, maka manfaatkan event ini dengan sebaik mungkin, setelah itu perlombaan dimulai hingga selesai pada pukul 16.00 WIB.

Prestasi Penegak adalah kompetisi perlombaan yang diselenggarakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Nganjuk. Terdapat lima mata lomba yang di kompetisikan antara lain Scout Stars, Fotografi, Videografi, Poster digital, dan E-sport. Lokasi kegiatan ini di SMKN 1 Gondang, bertempat tengah hamparan sawah, jauh dari keramaian jalan, dan cuaca yang mendung menjadikan suasana perlombaan menjadi tenang walau sedang berkompetisi.

Scout Stars atau bisa disederhanakan Duta Pramuka, perlombaan ini bertujuan untuk membentuk kader Pramuka yang memiliki pemahaman utuh tentang Gerakan Pramuka dan juga dapat menjadi pelopornya.

Selanjutnya Fotografi dan Videografi, memiliki kelebihan, salah satunya adalah mampu merekam peristiwa, momen-momen yang aktual, dapat dipercaya dan mengandung nilai, sehingga dapat berfungsi sebagai alat komunikasi berbasis visual. Fotografi dan Videografi memiliki kemampuan untuk menceritakan suatu peristiwa dengan real dan apa adanya, sehingga dari sinilah fotografi juga bisa digunakan sebagai media berekspresi.

Mata lomba lainya ada Poster digital, yaitu suatu media visual dua dimensi berisi mengenai gambar dan pesan tulisan singkat, yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu untuk mempengaruhi banyak orang yang melihatnya. Saat ini poster sudah menjadi media andalan yang digunakan untuk promosi, publikasi, menyampaikan informasi atau pesan.

Mata lomba selanjutnya ada E-sport, saat ini E-sport memang tak asing lagi, beberapa orang memiliki stikma negatif tentang E-sport namun, E-Sports juga dinilai bermanfaat positif bagi kehidupan sosial. Bermain game bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi stres yang tidak diinginkan. Menjauh dari stres dan menghabiskan waktu dengan bermain E-Sport dapat membantu pikiran menjadi relaks.

Dilansir dari p2ptm.kemkes.go.id Dampak stres karena pekerjaan tidak hanya mengganggu kejiwaan, tapi juga berdampak pada kesehatan fisik secara menyeluruh. Insomnia, sakit kepala, gangguan kepribadian, gangguan kecemasan, depresi. Penyakit kardiovaskular, hipertensi, gangguan irama jantung. Sakit perut, sembelit, diare, tukak lambung. Namun penggunaannya tidak boleh berlebihan dan harus seimbang agar tidak muncul dampak negatif.

Mata lomba di event ini memang terlihat seperti bukan lomba pramuka namun ini adalah bentuk dukungan dan kepedulian Kwarcab Gerakan Pramuka Nganjuk dalam mewadahi dan mendukung potensi anak muda sesuai perkembangan zaman yang ada, namun tidak melupakan kode kehormatan dan nilai nilai Pramuka dalam berkompetisi.

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan, namun untuk pengumuman juara dan pembagian hadiah tidak dilaksanakan saat itu juga, sebab penjurian lomba melibatkan beberapa pihak yang berkompeten di bidangnya antara lain :

  1. Dinas Kominfo Kab. Nganjuk
  2. MGMP Seni Budaya Kab. Nganjuk
  3. OACS Desain Grafis
  4. Kwarcab Nganjuk

Serta didukung sepenuhnya oleh Disporabudpar Kab. Nganjuk

Kegiatan ini berkesan seru dan unik, seru sebab jarang-jarang lomba yang diselenggarakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka adalah lomba berbasis digital. Semoga kedepannya prestasi penegak dapat diselenggarakan lagi, lebih seru, lebih banyak mata lomba.

Akhirnya, sesuai informasi panitia pengumuman pemenang akan disampaikan melalui ig DKC kwarcab nganjuk. Alhamdulillah, mendapatkan kejuaraan sbb :

  1. Pramuka Bintang      : Terbaik Putra (Presiden Raya)
  2. Poster Digital             : Juara 2 (Fakthi)
  3. Rover Video Graphy : Juara 2 (Rasyiq Rabbani)

Bagian dari proses pengembangan diri sebagai praja muda kara, tentunya harus terus meningkatkan skil sebagai bekal dalam ikut serta membangun masyarakat menepati dharma pramuka. Salam pramuka.