Pomosda dalam asuhan Bapak Kiai Tanjung adalah pesantren yang unik, inovatif dan kreatif, pesantren yang cukup bisa mengembangkan program pesantrenpreneur, santripreneur dan sosiopreneur.

Dr. (H.C) Puan Maharani

Pomosda.id - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani, Selasa (21/12/2021)  melakukan kunjungan silaturahmi ke Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa (Pomosda).

Kedatangan Puan Maharani disambut langsung oleh KH. Moh. Dzoharul Arifin Alfaqiri atau yang akrab disapa dengan Bapak Kiai Tanjung selaku Pimpinan, Pengasuh, Pangemong Pomosda dan Keluarga Besar Pomosda serta segenap Forkopimda Kabupaten Nganjuk. Tarian Nganjuk Nyawiji yang dibawakan siswa-siswi SMA Pomosda bersama Tari Gambyong yang diperagakan oleh para siswi SD Pomosda turut menyambut kunjungan orang nomer satu di DPR RI ini.

Selain itu, Puan Maharani juga didampingi oleh Mayjen TNI Nurchahyanto selaku Pangdam V Brawijaya dan Irjen Pol Nico Afinta selaku Kapolda Jawa Timur, M.H. Said Abdullah Ketua Banggar DPR-RI, Sudin, S.E. Ketua Komisi IV DPR - RI, Diah Pitaloka, S.Sos., M.Si. Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI, Alex Indra Lukman Staff Khusus Ketua DPR-RI, Laksda (Purn) Willem Rampangilei Staff Khusus Ketua DPR-RI, Budiyono Staff Khusus Ketua DPR-RI.

Kunjungan silaturahmi ini terasa hangat dan penuh kekeluargaan dengan penerapan protokol kesehatan.

Wanita pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini juga meninjau display produk-produk kreativitas santri Pomosda, dan IKM - IKM binaan, serta produk-produk dari pemberdayaan masyarakat melalui " Program Kiai Tanjung Kita Peduli" yang telah berhasil ekspor ke beberapa negara.

Puan Maharani juga berkeliling melihat berbagai tanaman sayur dalam media polybag, vertikultur dan hortikultur yang telah menjadi program kemandirian pangan  ketahanan pangan serta kedaulatan pangan Pomosda.

Puan Maharani juga menyampaikan Pomosda dalam asuhan Bapak Kiai Tanjung adalah pesantren yang unik, inovatif dan kreatif, pesantren yang cukup bisa mengembangkan program pesantrenpreneur, santripreneur dan sosiopreneur.

Pomosda adalah pondok pesantren yang bergerak dalam ilmu keagamaan dan program pemberdayaan masyarakat sebagai lokomotif kemajuan pesantren sesuai dengan tantangan zaman. Sehingga Bapak Kiai Tanjung selaku pimpinan mengajak santrinya untuk belajar memberdayakan lingkungan sekitar dengan cara menanam serta memberdayakan potensi diri untuk memiliki skill keterampilan. Oleh karena itu, kebutuhan pangan santri Pomosda dapat tercukupi dari program kemandirian pangan dan dapat menciptakan berbagai produk unggulan hasil karya santri.

Setelah melakukan kunjungan silaturahmi cucu Proklamator RI Bung Karno ini ditutup, lalu dilanjutkan dengan saling memberikan cindera mata. Di tengah kondisi negara yang berat diterpa pandemi covid 19 dan belum sepenuhnya stabil, pemerintah terus berupaya merangkul berbagai pihak untuk bersinergi. Kemampuan bertahan hidup suatu bangsa tentu tidak bisa hanya dibebankan dan ditanggung oleh penyelenggara negara saja, masyarakat pun diharapkan ikut aktif dalam setiap aksi dan bakti bagi pemulihan negeri tercinta ini. [MD/FM ]